Friday, February 17, 2012

2 Kata Misteri

Dalam perjalanan hidup tidak selamanya selalu seperti apa yang kita inginkan, tidak selalu seperti apa yang kita mau dan tidak selalu seperti apa yang kita harapkan. Namun dalam kehidupan terkadang ada hal yang tidak pernah kita duga justru menjadi nyata dalam kehidupan kita. Hidup ini penuh warna yang setiap warnanya memiliki kisah yang misteri.

Ada 2 kata misteri yang selalu hadir didalam kehidupan kita, yaitu kata "PASTI dan MUNGKIN". Kenapa kedua kata ini saya katakan misteri? Sebelum saya jawab, terlebih dahulu saya paparkan definisi dari kedua kata ini.
  • Kata pasti yaitu: sudah tetap; tidak boleh tidak; tentu; mesti; ketentuan; ketetapan.
  • Sedangkan definisi arti kata mungkin yaitu: tidak atau belum tentu; barangkali; boleh jadi; dapat terjadi; tidak mustahil.
Mengacu dari definisi diatas saya coba ceritakan beberapa kisah nyata yang sekaligus menjelaskan bahwa kedua kata tersebut memang 2 Kata Misteri.

Kisah yang pertama:
Ada dua insan yang akan melangsungkan pernikahan. Mereka sudah menentukan tanggal pernikahannya dan mereka juga sudah menyebarkan kartu undangan dan menyiapkan segala sesuatunya untuk pernikahannya nanti. Namun satu hari sebelumnya salah satu dari mereka meninggal dunia, sehingga esoknya yang merupakan hari bahagia buat mereka justru berubah menjadi hari yang penuh duka.

Kisah yang kedua:
Kalau kisah yang satu ini menceritakan tentang pengalaman pribadi saya. Dulu saya pernah mengikuti undian berhadiah untuk memenangkan sebuah handphone. Saat itu saya merasa tidak mungkin jadi pemenangnya karena orang yang ikut undian itu banyak sekali dan saya juga tidak terlalu mengharapkan hadiah itu. Namun beberapa hari kemudian ada orang yang menelpon saya memberitahukan bahwa saya adalah pemenang undian berhadiah itu dan beberapa hari kemudian hadiah itu juga sampai di rumah. Wah... sungguh senangnya dan sungguh tak terduga.

Dari kisah-kisah inilah mengapa saya menyebutkan kedua kata ini adalah kata misteri, dan kita juga bisa menyimpulkan bahwa hidup itu penuh misteri. Atau saya kutip " Tidak ada yang pasti dan tidak ada yang tidak mungkin". Kita sebagai manusia hanya bisa berencana tapi tidak bisa menentukan karena yang menentukan hanyalah Alloh. Tapi kita juga tidak boleh pesimis akan suatu hal yang kita harapkan, yang terpenting kita sudah berdoa dan berusaha. Tentunya di barengi pemikiran yang positif atas doa-doa yang kita panjatkan (husnudzon billah).

No comments:

Post a Comment