Friday, January 13, 2012

Apa itu Cinta Hakiki?

Setiap manusia dengan sendirinya akan mengerti apa itu cinta, namun tidak banyak yang memahami apa itu cinta yang sesungguhnya. Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan alloh kepada seluruh umatnya. Sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi.

Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Cinta yang sesungguhnya adalah rasa memiliki dan tidak mau di miliki orang lain. cinta itu sendiri mempunyai 4 (empat) elemen yaitu menghormati, memiliki, mengasihi dan melindungi jadi apabila ke-empat elemen itu sudah di penuhi maka itulah yang dinamakan cinta yang sesungguhnya tapi cinta sejati kepada sesama manusia itu tidak ada itu hanyalah kata-kata semu yang dibuat umat manusia sendiri. Cinta sejati hanyalah kepada Alloh SWT dan Rasululloh SAW.

Banyak cinta yang lebih cenderung pada hawa nafsu saja, sehingga tidak heran jika banyak kasus perceraian dan perselingkuhan dikarenakan mereka tidak melengkapi ke empat elemen tersebut. Dan kebanyakan dari mereka menganggap rasa suka karena nafsu itu adalah cinta yang sebenarnya.Cinta dikarenakan nafsu mudah sekali hilang secepat dia datang secepat itu pula dia hilang. jadi berhati-hatilah mengartikan cinta jangan sampai terjebak ke dalam lubang hitam yang mengatasnamakan cinta.


Gambar: http://lovefeyda.blogspot.com/2009/06/cinta-hakiki.html
Referensi: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Cinta, http://riyanakartika.blogspot.com/2011/03/apa-itu-cinta-hakiki.html

No comments:

Post a Comment